Tautan-tautan Akses

Obor Olimpiade Tiba di Australia untuk Melintasi Kota Kanberra


Obor olimpiade telah tiba di Australia untuk melintasi kota Kanberra hari Kamis, sementara kota itu bersiap-siap menghadapi protes besar.

Penerbangan yang membawa obor itu dari Jakarta tiba hari ini di lapangan terbang militer di pinggir ibukota Australia itu. Penduduk asli Australia memainkan musik tradisional dalam upacara penyambutan sebelum obor tersebut dibawa ke tempat rahasia.

Para aktivis pro-Tibet menggunakan sinar laser untuk menuliskan kata-kata “Jangan Bakar Tibet” pada satu jembatan di Sydney. Dutabesar Cina untuk Australia mengatakan kepada stasiun televisi setempat hari Selasa bahwa warga Cina penjaga obor itu akan melindungi api tersebut dengan tubuh mereka kalau diserang.

Tetapi, pejabat keamanan tertinggi Kanberra kemudian mengukuhkan pernyataan sebelumnya Perdana Menteri Kevin Rudd bahwa penjaga Cina itu tidak akan melakukan peran keamanan.

Suratkabar utama Cina yang berbahasa Inggris, China Daily, memuat artikel oleh wakil redaktur dan jurubicara obor Olimpiade yang membela penjaga obor itu.

XS
SM
MD
LG