Tautan-tautan Akses

Rice: Perundingan Perlucutan Nuklir Korea Utara Capai Kemajuan


Menteri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan telah dicapai kemajuan dalam perundingan enam negara untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara, tetapi ia mengatakan, tetap skeptis dan berhati-hati. Rice berbicara dengan wartawan hari Kamis di Washington.

Komentarnya menyusul sebuah pernyataan dari Korea Utara pekan lalu bahwa telah dicapai konsensus dengan pejabat-pejabat Amerika mengenai deklarasi kegiatan nuklirnya.

Hari Rabu, Washington mengumumkan sedang merancang mekanisme baru untuk memeriksa dengan teliti deklarasi apa pun yang diberikan oleh Korea Utara mengenai program nuklirnya.

Rice mengatakan sejumlah pakar akan segera berangkat ke Pyongyang, tetapi tidak memberikan tanggal keberangkatan. Ia mengatakan verifikasi merupakan proses yang dapat memerlukan waktu, terutama mengingat apa yang ia sebut sejarah Pyongyang yang senang memberikan kejutan dan rumitnya program itu.

Berbicara dengan para wartawan hari ini di Seoul, utusan Korea Selatan yang baru saja diangkat ke perundingan nuklir , Kim Sook mengatakan segera setelah Korea Utara menyerahkan deklarasinya, negara itu akan merasakan manfaatnya dari AS hampir seketika.

XS
SM
MD
LG