Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Belum Ubah Rencana Untuk Hadiri Olimpiade


Gedung Putih mengatakan Presiden Bush belum mengubah pendiriannya untuk menghadiri Pesta Olimpiade di Beijing bulan Agustus, namun jurubicaranya tidak bersedia mengatakan apakah Bush bermaksud menghadiri upacara pembukaan atau penutupan.

Jurubicara Gedung Putih Dana Perino mengatakan salah satu bagian penting yang bisa dilakukan Bush sebagai presiden adalah untuk mendesak ditingkatkannya kebebasan pers dan kebebasan politik dan HAM di Cina. Ia mengatakan jadwal lawatan presiden itu belum ada yang diumumkan, jadi dia tidak bisa mengatakan upacara mana yang akan dihadirinya pada Olimpiade itu. Ia mengatakan presiden Bush bisa membuat perubahan kapan saja.

Selasa pagi, organisasi kebebasan pers Reporters Without Border mendesak Bush supaya menetapkan persyaratan bagi kehadirannya pada upacara pembukaan sebagai cara untuk menekan pihak berwenang Cina mengenai pelanggaran HAM di Cina dan Tibet.

Sementara itu, Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge membantah laporan bahwa IOC kini mempertimbangkan untuk menghentikan relay obor Olimpiade.

Pejabat-pejabat Olimpiade Selasa pagi mengatakan mereka sedang apakah akan menghentikan atau tidak relay obor internasional bagi Olimpiade 2008, yang telah dirongrong oleh aksi-demo anti-Cina terus-menerus sejak dimulai bulan lalu.

Pejabat-pejabat Olimpiade mengatakan isu itu akan dibahas pada pertemuan di Beijing pekan ini. Beberapa pejabat mengatakan t relay obor Olimpiade pada masa mendatang mungkin akan dibatalkan.

Tetapi Rogge kemudian memberitahu televisi Prancis bahwa laporan kemungkin pembatalan relay obor, tidak benar. Rogge mengatakan ia sangat sedih oleh aksi protes baru-baru ini di London dan Paris dan menyuarakan keprihatinan mengenai relay obor melalui kota San Francisco hari Rabu.

Obor itu sudah tiba di Kalifornia hari Selasa, sehari setelah para demonstran memanjat jembatan kesohor Golden Gate untuk memasang spanduk bertuliskan dukungan bagi kebebasan Tibet dari Cina.

XS
SM
MD
LG