Tautan-tautan Akses

Bush dan Putin Mengakhiri KTT tanpa Dicapainya Persetujuan Rencana Pertahanan Misil AS


Presiden AS George W. Bush dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah merampungkan KTT final mereka tanpa dicapainya persetujuan mengenai rencana pertahanan misil AS, tetapi dengan sebuah cetak biru bagi penerus mereka.

Berbicara setelah perundingan di tempat peristirahatan Sochi di Laut Hitam di wilayah Rusia, kedua tokoh itu mengatakan persetujuan kerangka kerja yang mereka tandatangani menguraikan pencapaian mereka.

Mereka sama-sama melihat ke depan. Kata Putin, AS telah mendengar keprihatinan negaranya mengenai rencana sistem misil, persetujuan perlucutan senjata dan tentangan terhadap ekspansi NATO. Menurut Bush, kedua pihak berjanji akan mencari solusi, seraya mengatakan persetujuan kerangka kerja tsb mendukung gagasan kerjasama mengenai sebuah sistem anti-misil.

Moscow mempertimbangkan rencana AS untuk menempatkan sebuah sistem pertahanan misil di Polandia dan Republik Ceko sebagai ancaman bagi keamanan Rusia. Bush juga menyebut perundingannya dengan Presiden terpilih Rusia Dmitri Medvedev sangat positif.

XS
SM
MD
LG