Tautan-tautan Akses

Bush Berterima Kasih kepada Kroasia dan Albania atas Dukungan Militer di Afganistan dan Irak


Presiden Bush mengatakan, undangan kepada Kroasia untuk bergabung dengan NATO menunjukkan bahwa negara Eropa Timur itu telah mengatasai “perang dan kesulitan” dan sepenuhnya menjalankan demokrasi.

Berbicara di Lapangan St. Mark di ibukota Zagreb, Bush menyakinkan rakyat Kroasia bahwa, seandainya ada yang mengancam negara itu, AS dan NATO akan membantu mereka, dengan demikian “tidak akan ada yang dapat mengambil kemerdekaan mereka.”

Kroasia, bersama Albania, telah diundang untuk masuk NATO dalam KTT NATO pekan ini di Bucharest. Bush berterima kasih kepada Kroasia dan Albania atas dukungan militer mereka dalam operasi militer di Afganistan dan Iraq. Kata Bush, bahwa mereka melaksanakan demokrasi akan menunjukkan kepada negara-negara bahwa kemerdekaan patut diperjuangkan.

Presiden Bush meneyesal bahwa Macedonia, karena sengketanya dengan Yunani mengenai nama negara itu, tidak diundang untuk bergabung dengan NATO saat ini. Dia mengatakan, segera sesudah situasi itu diselesaikan, Macedonia akan diundang selekas mungkin.

Bush akan menuju Rusia untuk mengadakan serangkaian pembicaran terakhir dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang telah mengecam perluasan terus NATO, terutama perluasan ke arah perbatasan Rusia. Putin menyatakan perluasan kekuatan militer di sepanjang perbatasan Rusia akan dianggap ancaman langsung terhadap keamanan Rusia.

XS
SM
MD
LG