Tautan-tautan Akses

NATO Berjanji Kirimkan 1800 Tentara Tambahan ke Afghanistan


Para pemimpin NATO, pada KTT mereka di Bukarest, telah berjanji untuk mengirimkan lebih dari 1800 tentara tambahan bagi pasukan sekutu di Afghanistan.

Perancis menjanjikan 700 tentara tambahan. Georgia, yang berharap menjadi anggota NATO, menawarkan 500 dan Polandia akan mengirim 400 tentara lagi dan 8 helikopter yang sangat dibutuhkan. Italia, Rumania dan Yunani sepakat untuk menambah tim pelatihan bagi tentara Afghanistan.

Republik Ceko, Hongaria serta dua negara bukan anggota NATO, Azerbaijan dan Selandia Baru menawarkan akan mengirim jumlah yang lebih kecil. Uzbekistan mengatakan siap menandatangani persetujuan untuk mengizinkan NATO mengangkut logistik non-militer bagi pasukan di Afganistan melalui negara Asia Tengah itu.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates memberitahu wartawan hari ini, Presiden Bush telah mengatakan Amerika Serikat akan mengirim tambahan pasukan dalam jumlah signifikan ke Afganistan tahun depan.

Dalam perkembangan terpisah, Presiden Kroasia Stipe Mesic menyambut kedatangan Presiden Amerika George W. Bush sehari setelah KTT NATO di Bukarest mengundang negara itu dan Albania untuk memulai pembicaraan keanggotaan. Bush tiba di Zagreb hari ini setelah para pemimpin NATO bertemu disana dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sesudahnya dalam jumpa pers di Bukarest, Putin mengatakan dia gembira dengan pembicaraan itu. Dia menegaskan Perang Dingin tidak akan kembali lagi dan mengatakan negaranya menyambut gembira kesediaan Amerika Serikat untuk mendengar keprihatinan Rusia atas rencana Amerika hendak menggelar tata pertahanan anti-rudal di Eropa Tengah. Tetapi dia kembali mengecam berlanjutnya perluasan NATO, teristimewa perluasan ke arah perbatasan Rusia.

XS
SM
MD
LG