Tautan-tautan Akses

Barack Obama Kumpulkan Sumbangan 40 Juta Dolar Lebih di Bulan Maret


Panitya Kampanye bakal calon presiden dari Partai Demokrat Barack Obama Kamis mengatakan senator Illinois itu berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari 40 juta dolar dalam bulan Maret. Itu setelah jumlah rekor 55 juta dolar yang berhasil dikumpulkan oleh panitya kampanyenya bulan Februari lalu.

Pesaingnya sesama partai Senator Hillary Clinton belum mengumumkan angka-angka pengumpulan sumbangannya untuk bulan Maret. Seorang jurubicara Clinton hari ini mengatakan kubunya sudah mengetahui Obama akan mengalahkan Clinton dalam pengumpulan sumbangan, tetapi menambahkan bahwa Clinton akan mempunyai sumber-sumber yang diperlukan untuk bersaing dan berhasil. Clinton dijadwalkan mengadakan pengumpulan sumbangan hari ini di California selatan.

Bakal calon presiden dari Partai Republik John McCain berpidato hari ini Jacksonville, Florida. Ia mengatakan kepada para pendukungnya bahwa ia bukan penganjur pemerintahan yang besar dan menyerukan aturan perpajakan yang lebih sederhana dan lebih adil. Ia juga mengatakan AS harus mengurangi ketergantungannya pada minyak asing.

Sementara itu, para pemimpin Kongres Amerika memberikan penghormatan pada pemimpin hak-hak sipil Amerika yang terbunuh, Martin Luther King Jr., menjelang ulang tahun ke 40 pembunuhan dirinya. Pemimpin-pemimpin DPR dan Senat, bersama-sama dengan anggota-anggota Kongres Amerika lainnya, ikut serta dalam upacara hari ini di Capitol Hill untuk menghormati peninggalan King.

King ditembak mati di Memphis, Tennessee pada tanggal 4 April, 1968. Berita kematiannya diumumkan oleh Robert Kennedy waktu itu, yang dua bulan kemudian, ia menjadi korban penembakan serupa.

Bakal calon presiden dari Partai Republik John McCain dan bakal calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton akan berada di Memphis hari Jumat ini untuk memperingati ulang tahun itu. King memimpin kampanye tanpa kekerasan melawan segregasi dan diskriminasi terhadap warga Amerika berkulit hitam pada tahun-tahun 1950-an dan 1960-an. Perjuangannya mendorong disyahkannya UU Hak Sipil pada tahun 1964, dan pada usia 35 tahun, King menerima Hadiah Nobel untuk Perdamaian.

Pembunuhannya memicu kerusuhan di lebih dari 100 kota di Amerika dan mengantarkan ke perpecahan dan hubungan ras yang tidak serasi di Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG