Tautan-tautan Akses

Direktur Intelijen AS: Al-Qaida Masih Ancaman Signifikan


Direktur badan intelejen nasional Amerika mengatakan Al-Qaida dan afiliasinya masih terus merupakan ancaman signifikan terhadap Amerika serta kepentingannya diluar negeri. Mike McConnell memberi kesaksian hari Rabu, dihadapan komite Angkatan Bersenjata mengenai penilaian badan yang dipimpinnya terhadap ancaman keamanan potensial.

Ia mengatakan sampai tahun depan, ekstremis yang diilhami ideologi Islam masih terus merupakan ancaman, dan kepemimpinan pusat al-Qaida di wilayah perbatasan Pakistan merupakan komponen paling berbahaya.

Menyinggung masalah Afghanistan, McConnell mengatakan kepada komite itu bahwa Taleban yang berhasil muncul kembali dan menguasai paling sedikit 10 persen dari keseluruhan wilayah Afghanistan, sementara pemerintah Afghanistan menguasai sekitar 30 persen. Ia mengatakan majoritas dari penduduk negara itu berada dibawah kendali suku-suku setempat.

Kepala Intelejen itu mengatakan al-Qaida memiliki daerah perlindungan di wilayah kesukuan Pakistan. Ia mengatakan juga ada tempat-tempat dimana operator teroris yang baru dilatih guna melakukan serangan teroris di bagian dunia lainnya.


XS
SM
MD
LG