Tautan-tautan Akses

Zawahiri Bersumpah Balas Pembunuhan Komandan Al Qaida di Pakistan


Pemimpin al Qaida nomor dua, Ayman al Zawahiri bersumpah akan membalas pembunuhan komandan teras al Qaida di Pakistan bulan lalu. Zawahiri membuat ancamannya dalam sebuah video yang dirilis Rabu di Internet.

Dalam video itu, ia memberi penghormatannya kepada Abu Laith al-Libi, yang diyakini sebagai orang ketiga paling penting dalam jajaran al-Qaida, sesudah Osama bin Laden dan Zawahiri sendiri.

Libi, kelahiran Libia tewas akibat apa yang oleh pejabat intelejen Pakistan dikatakan merupakan sebuah serangan misil Amerika di Waziristan Utara akhir Januari.

Zawahiri mengatakan tak pernah ada pemimpin al-Qaida yang mati karena sebab-sebab alamiah, dan tak ada darah al-Qaida ditumpahkan secara sia-sia tanpa suatu balasan. Namun ia tidak memperinci lebih jauh apa yang akan dilakukannya.

Pejabat Amerika mengatakan Libi merencanakan pemboman bunuh diri terhadap sebuah pangkalan militer Amerika di Afghanistan pada Februari 2007 ketika berlangsung kunjungan Wakil Presiden Dick Cheney. Serangan ini menewaskan 23 orang.

XS
SM
MD
LG