Tautan-tautan Akses

AS: Rakyat Pakistan Berhak Lancarkan Protes Secara Damai


Amerika menyatakan rakyat Pakistan berhak melancarkan protes yang tenteram. Pernyataan ini dikeluarkan menyusul peringatan Presiden Pervez Musharraf melarang demonstrasi protes sesudah pemilihan umum nanti.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Kamis orang berhak mengemukakan pendapat mereka dengan tenteram – tidak peduli apakah pendapat itu mendukung atau tidak mendukung pemerintah Pakistan dan kebijakannya.

Dalam rapat umum kampanye hari Kamis, suami mendiang Benazir Bhutto – Asif Ali Zardari - mengeritik Presiden Musharraf dan menganjurkan rakyat memprotes tiap bentuk upaya pemerintah hendak mencurangi pemungutan suara nanti.

Berbicara sebelum itu, Presiden Musharraf membantah tuduhan oposisi pemerintah berencana mencurangi jalannya pemungutan suara hari Senin dan menegaskan bahwa pemilihan akan berjalan adil dan bebas. Tetapi ia menandaskan lawan-lawan pemerintah tidak akan diizinkan melancarkan protes jalanan menggugat hasil pemilihan.

Selain itu, Musharraf juga menampik jajak pendapat terbaru menunjukkan partainya yang memerintah hanya mendapat dukungan kecil dalam pemilihan hari Senin. Ia mengingatkan para pembuat jajak pendapat jangan mengacau negara.

XS
SM
MD
LG