Tautan-tautan Akses

Australia akan Sampaikan Permintaan Maaf kepada Warga Aborijin


Pemerintah Australia mengatakan permintaan maaf resmi bagi penganiayaan di masa lalu terhadap suku Aborijin akan disiarkan melalui layar monitor publik di kota-kota besar di seantero negara itu pekan depan.

Ribuan orang diperkirakan akan berkumpul di ibukota Canberra, hari Rabu untuk mendengar Perdana Menteri Kevin Ruud menyampaikan permintaan maaf itu.

Seorang pejabat tinggi pemerintah mengatakan pemerintah negarabagian juga merayakan hari itu dengan uopacara di seputar negara itu. Pejabat itu mengatakan layar monitor akan dipasang di luar gedung parlemen di Canberra, serta di Sydney dan Melbourne, untuk melayani massa rakyat yang mungkin ingin menyaksikan pidato itu.

Permintaan maaf itu adalah terhadap ketidakadilan yang diderita penduduk Aborijin sejak kolonisasi Eropa berawal akhir tahun 1700-an. Juga akan tercakup acuan terhadap yang disebut “generasi yang dicuri”, atau warga Aborijin yang diambil paksa dari keluarga mereka selagi anak-anak dan dibesarkan di lembaga atau panti asuhan.

XS
SM
MD
LG