Tautan-tautan Akses

Bush Ajukan RAPBN 3,1 Triliun Dolar kepada Kongres Amerika


Presiden Bush mengatakan, rancangan anggaran belanja negara yang diajukannya kepada Kongres sebesar 3,1 triliun dolar akan melindungi negara dan menunjang pertumbuhan ekonomi.

Rancangan bagi tahun terakhirnya sebagai presiden itu menggunting atau memangkas sebagian program domestik, memperbesar anggaran militer, dan membuat defisit mendekati rekornya paling tidak selama dua tahun.

Ia mengatakan rancangan itu akan mengimbangkan anggaran pada tahun 2012 beberapa tahun setelah ia meninggalkan Gedung Putih. Yang menjadi prioritas bagi presiden dari Partai Republik ini amat beda dari Partai Demokrat yang mendominasi Kongres menyebabkan timbul argumentasi politik tentang apa yang harus dilakukan pemerintah dan siapa yang harus memikul beayanya.

Rancangan anggaran Bush itu akan membuat sebagian dari penurunan pajak sementara menjadi permanen. Demokrat mengatakan penurunan pajak demikian seharusnya hanya diberikan kepada golongan miskin dan menengah.

Rancangan menaikkan anggaran militer sekitar 7% sehingga menjadi lebih dari 500 miliar dolar tidak termasuk anggaran untuk perang di Afghanistan dan Irak.

XS
SM
MD
LG