Tautan-tautan Akses

Beijing Hargai Posisi Pemerintah Jerman Soal Taiwan dan Tibet


Cina mengatakan pihaknya menghargai posisi Jerman sehubungan Taiwan dan Tibet, yang dinilai merupakan sebuah pertanda kedua negara akan mengakhiri hubungan tegang yang sudah berlangsung berbulan-bulan.

Kantor Berita Xinhua mengutip jurubicara Kementerian Luar Negeri mengatakan pada hari Minggu, kedua negara baru-baru ini melakukan serangkaian konsultasi, dimana kedua fihak menegaskan kembali pentingnya hubungan diantara kedua negara.

Dalam laporan itu, jurubicara Jiang Yu mengatakan Jerman menegaskan kembali tantangannya terhadap usaha Taiwan untuk bergabung dengan PBB, serta juga terhadap usaha kemerdekaan Tibet.

Majalah Jerman Der Spiegel mengatakan Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier dan counterpartnya dari Cina, Yang Jiechi telah bekerja dibelakang layar untuk memperbaiki hubungan kedua negara.

Kanselir Jerman Angela Merkel membuat Beijing gusar September lalu, ketika ia menerima pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama. Merkel mengatakan ia tidak menyesali tindakannya itu, meskipun Beijing membatalkan sejumlah pertukaran bilateral sebagai protes.

XS
SM
MD
LG