Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Suharto Tetap Dalam Keadaan Kritis


Mantan presiden Suharto dalam keadaan kritis dan anggota keluarganya sudah berkumpul di sisinya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta. Dokter menerangkan Suharto yang berumur 86 tahun mengalami gagal organ.

Seorang anggota tim dokter yang merawat mantan Presiden Suharto Jumat ini mengatakan, dia masih dirawat karena diduga menderita infeksi paru-paru. Meskipun telah dilakukan transfusi darah, dialisis, pencegahan pembengkakan paru-paru dan diberi antibiotika, sejak itu kondisinya tidak stabil.

Suharto masuk rumah sakit sejak hari Jum’at lalu karena mengalami gangguan jantung dan ginjal. Ia diberi transfusi darah dan menjalani dialisis ginjal dan dipasangi ventilator.

Suharto memerintah selama 32 tahun sebelum lengser pada tahun 1998 menyusul demonstrasi luas dan huru-hara menuntutnya mundur. Ia dituduh menjarah harta negara miliaran dolar selama masa jabatannya. Namun kesehatannya yang menurun membuatnya tidak dapat diseret ke pengadilan.

Memburuknya kondisi kesehatan Suharto yang mendadak itu membuat beberapa politisi senior dan salah seorang putri Suharto menghimbau agar proses hukum terhadap Suharto dibatalkan, tetapi Jaksa Agung Senin menyatakan akan tetap meneruskan proses hukum kasus sipil itu.

XS
SM
MD
LG