Tautan-tautan Akses

Presiden Kibaki Umumkan Susunan Kabinet Baru, Sulut Bentrokan di Kenya


Presiden Kenya Mwai Kibaki mengumumkan nama beberapa anggota kabinet baru, menyulut kekerasan baru dari para pendukung pemimpin oposisi Raila Odinga.

Kibaki mengangkat separoh anggota Kabinetnya hari Selasa, termasuk mantan calon presiden Kalonzo Muysoka sebagai wakil presiden. Daftar anggota Kabinet itu tidak termasuk pejabat-pejabat dari partai oposisi pimpinan Odinga.

Para tokoh oposisi mengatakan pengumuman itu membuktikan Kibaki tidak bersedia berunding untuk menghentikan krisis setelah pemilihan presiden yang disengketakan bulan lalu.

Polisi di kota Kisumu, Kenya Barat melepaskan tembakan ke udara beberapa jam setelah pengumuman itu untuk membubarkan massa demonstran yang memprotes menentang kabinet baru itu.

Sebelumnya Odinga mengatakan ia tidak akan menerima tawaran Kibaki untuk pembicaraan tatap-muka, dengan mengatakan ia sebaliknya akan bekerja melalui Presiden Ghana John Kufuor.

John Kufuor, ketua Uni Afrika saat ini tiba di Kenya hari ini untuk menengahi penyelesaian atas krisis yang telah mengakibatkan hampir 500 orang tewas.

XS
SM
MD
LG