Tautan-tautan Akses

Tim Polisi Inggris di Pakistan untuk Bantu Penyelidikan Tewasnya Bhutto


Satu tim perwira polisi antiteror Inggris berada di Pakistan untuk membantu penyelidikan pemerintah terhadap kasus pembunuhan mantan perdana menteri Benazir Bhutto.

Para pejabat Pakistan mengatakan tim terdiri dari lima anggota kepolisian Inggris Scotland Yard tiba di Islamabad hari ini. Tim ini akan memberi bantuan di bidang forensik dan teknis.

Presiden Pakistan Pervez Musharraf meminta kepolisian Inggris untuk membantu penyelidikan itu di tengah munculnya kontroversi mengenai penyebab kematian Bhutto. Ia tewas pada 27 Desember lalu dalam suatu serangan tembakan dan bom bunuh diri pada rapat umum politik di Rawalpindi.

Musharraf kemarin mengatakan ia tidak sepenuhnya puas dengan penyelidikan. Ia juga menyangkal tuduhan bahwa dinas intelijen dan militer terlibat dalam pembunuhan itu.

Penyelidikan itu berlangsung saat Uni Eropa bersiap-siap meluncurkan misi pemantauan penting menjelang pemilihan anggota parlemen Pakistan pada 18 Februari mendatang. Para pejabat Uni Eropa mengatakan suatu tim inti beranggota 11 pakar akan bergabung dengan sedikitnya 50 pengamat jangka panjang untuk memantau proses pemilu.

XS
SM
MD
LG