Tautan-tautan Akses

Huckabee dan Obama Menangkan Pemilihan Capres di Negarabagian Iowa


Mantan gubernur Arkansas Mike Huckabee – orang yang boleh dikatakan tidak dikenal hanya beberapa bulan lalu – telah memenangkan pemilihan kontestan calon Presiden dalam rapat umum partai Republik di negara bagian Iowa, sementara Senator dari Illinois Barack Obama – yang hendak menjadi presiden pertama Amerika yang berkulit hitam – telah muncul sebagai pemenang dari golongan Demokrat.

Huckabee merebut tempat pertama dengan mengalahkan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, walaupun dengan dana kampanye yang jauh lebih kecil. Ia mengatakan kepada para pendukungnya dalam pidato kemenangannya bahwa pemungutan suara di Iowa itu membuktikan bahwa “manusianya lebih penting daripada duitnya.”

Mantan Senator dari Tennessee Fred Thompson menduduki tempat ketiga dalam golongan Republik, sedikit di atas Senator dari Arizona John McCain.

Pemenang dari Demokrat, Senator Obama, mengatakan kepada para pendukungnya bahwa penduduk Iowa memilih “harapan bukan ketakutan, persatuan bukan perpecahan” dan mengirim pesan perubahan.

Mantan Senator John Edwards tampaknya akan menempati kedudukan kedua, sementara mantan ibu-negara dan Senator dari New York Hillary Clinton – yang paling unggul dalam angket nasional -- menduduki tempat ketiga. Pemilih di negara bagian barat tengah Amerika itu tidak memperdulikan suhu cuaca yang sangat dingin untuk menghadiri pemilihan yang pertama untuk menentukan presiden berikut Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG