Tautan-tautan Akses

Hakim Federal AS Dengarkan Argumen Soal Perusakan Video Interogasi CIA


Hakim Federal Amerika Henry Kennedy telah mendengar argumen pengacara hukum pemerintah dan pengacara yang mewakili para tananan di Teluk Guantanamo tentang pengrusakan rekaman video interogasi yang dilakukan CIA terhadap dua tersangka teroris.

Hakim Kennedy sedang mempertimbangkan apakah pemerintah telah melanggar perintah pengadilan karena merusak rekaman video itu. Pada tahun 2005 Kennedy memutuskan bahwa tiap yang dapat dijadikan sebagai bukti perlakuan tidak wajar pada tahanan di Teluk Guantanamo mesti dipelihara dengan baik.

Pengacara hukum bagi Departemen Hukum mengatakan adalah tidak bijaksana bagi pengadilan untuk melakukan penyelidikan sendiri sebab itu bakal mengganggu penyelidikan-bersama yang dilakukan Departemen Hukum dan CIA.

Akan tetapi pengacara para tahanan menyebut pengrusakan atas rekaman video itu sebagai bukti yang tidak dapat dibantah. Ia mengatakan fakta bahwa rekaman video itu telah dirusak mengisyaratkan rekaman itu mungkin berisi bukti yang relevan mengenai salah perlakuan terhadap para tahanan.

XS
SM
MD
LG