Tautan-tautan Akses

Direktur CIA Ditanya Lebih Jauh Soal Pemusnahan Video Interogasi


Michael Hayden, direktur badan intellijen pusat Amerika atau CIA terus menghadapi rangkaian pertanyaan dalam Kongres sekitar pemusnahan pita rekaman video tentang cara-cara interrogasi tawanan.

Keterangan Hayden itu diberikan dalam sidang tertutup komisi intellijen DPR Rabu pagi. Kemarin Hayden juga ditanyai dalam komisi intellijen senat. Kata Hayden pada wartawan, para pendahulunya, termasuk George Tenet dan Porter Goss tahu lebih banyak tentang hal itu.

Tenet mengepalai CIA pada tahun 2002, ketika rekaman video itu pertamakali dibuat, sementara Goss menjabat sebagai direktur ketika rekaman itu dihancurkan pada tahun 2005.

Hayden mengatakan minggu lalu bahwa pita rekaman video yang menunjukkan tersangka terroris diperiksa dengan cara water boarding, atau pura-pura akan ditenggelamkan, dimusnahkan untuk melindungi identitas pemeriksanya.

Departemen kehakiman dan CIA sedang mengadakan penyelidikan bersama tentang hal itu. Kata Presiden Bush kemarin, ia baru tahu bahwa pita rekaman itu telah dimusnahkan tahun 2005 setelah diberi tahu oleh Hayden minggu lalu.

Sebelumnya, mantan agen CIA John Kiriakou menjelaskan pada wartawan bahwa cara pemeriksaan yang disebut water boarding itu digunakan atas tersangka al-Qaida Abu Zubaydah, sehingga ia memberikan keterangan yang berhasil mencegah serangan teroris selanjutnya.

XS
SM
MD
LG