Tautan-tautan Akses

Departemen Kehakiman AS Selidiki Pemusnahan Video CIA


Departemen Kehakiman Amerika dan Badan Investigasi dalam negeri CIA mengatakan, mereka membuka penyelidikan pendahuluan atas pemusnahan rekaman video CIA yang berumur 3 tahun pada tahun 2005, yang berisi interogasi terhadap tersangka teroris.

Dalam surat kepada General Counsel CIA, John Rizzo yang diterbitkan hari Sabtu , Departemen Kehakiman mengatakan, pihaknya berencana mengadakan pertemuan dengan staf John Rizzo pekan depan membicarakan penyelidikan itu.

Penyelidikan itu dimaksudkan untuk menentukan apakah investigasi lebih lanjut diperlukan. Direktur CIA, Michael Hayden mengatakan, ia menyambut penyelidikan dan menjanjikan CIA akan bersedia bekerjasama.

Sebelumnya, hari Sabtu , kantor-kantor berita Amerika melaporkan CIA telah dinasehati oleh mantan Panasehat Gedung Putih Harriet Mier, agar jangat memusnahkan rekaman video itu.

Harian New York Times mengatakan, para pejabat di Departemen Kehakiman, bersama beberapa anggota senior Kongres Amerika, juga menasehati CIA akan menyimpan rekaman itu.

XS
SM
MD
LG