Tautan-tautan Akses

Bush Himbau Kongres AS Goalkan RUU Tambahan Anggaran Perang Irak


Presiden Bush menghimbau Kongres untuk menggoalkan rancangan undang-undang tambahan anggaran bagi pasukan Amerika di Irak tanpa mengaitkannya dengan penetapan tanggal penarikan pasukan Amerika dari sana.

Di Gedung Putih hari Senin Presiden Bush mengatakan Kongres mempunyai waktu dua pekan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tahun ini sebelum memasuki masa libur. Ia mengatakan sebagian anggota menahan pembeayaan bagi pasukan itu sebab mereka ingin mengganti penilaian para komandan militer di Irak dengan penilaian mereka sendiri.

Dan ia berjanji akan memveto rancangan anggaran apa saja yang tidak bertanggungjawab yang diajukan Kongres kepadanya. Fraksi Demokrat mau mengaitkan tambahan anggaran 50 miliar dolar itu dengan penarikan pasukan tempur Amerika akhir tahun depan.

Presiden Bush juga meminta Kongres memperpanjang undang-undang anti terorisme yang memungkinkan badan-badan intelijen Amerika memantau panggilan telefon tanpa surat perintah pengadilan jika panggilan itu melibat tersangka teroris dan satu pihak dari panggilan itu berada di luar Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG