Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Konferensi Perdamaian Timur Tengah Telah Gagal


Mahmud Ahmadinejad, presiden Iran mengatakan, konperensi perdamaian Timur tengah yang diadakan Amerika telah gagal dan Israel pasti akan ambruk.

Pers pemerintah mengutip Ahmadinejad yang berbicara dalam sidang kabinet hari Rabu di Teheran. Katanya, keruntuhan Israel tidak bisa dihindarkan, karena katanya, negeri itu diciptakan dengan menggunakan kekerasan, penindasan dan kejahatan.

Kata Ahmadinejad, satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik puluhan tahun antara Israel dan Palestina itu adalah memberikan kesempatan kepada bangsa Palestina, termasuk kelompok Hamas, untuk memutuskan masa depan mereka lewat perundingan. Iran tidak diundang ke konperensi perdamaian Timur tengah itu, yang diadakan di Annapolis, dekat kota Washington.

Dalam berita lainnya, Iran telah meluncurkan sebuah kapal selam buatan sendiri, yang katanya dilengkapi dengan peralatan militer dan teknologi paling baru.Kata laporan pers resmi Iran, kapal selam itu diberi nama "Ghadir", yang diambil dari nama hari besar Islam.

Pers Iran hari Rabu menyiarkan gambar-gambar kapal selam itu, tapi tidak jelas apakah gambar itu baru atau gambar lama yang pernah dipertunjukkan oleh pers resmi Iran.

Tahun 2005 Iran mengumumkan telah membuat kapal selamnya yang pertama. Iran belakangan ini tampak sedang menunjukkan kekuatan militernya, ditengah ketegangan dengan dunia barat tentang program nuklir yang dijalankannya.

Kata Amerika, program nuklir itu ditujukan untuk membuat senjata nuklir, tapi Iran mengatakan, tujuannya adalah untuk membuat stasiun pembangkit listrik nuklir.


XS
SM
MD
LG