Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Optimis akan Perdamaian Israel dan Palestina


Presiden Bush mengemukakan di ambang konperensi Timur Tengah yang dituan-rumahi Amerika di Annapolis, ia optimistis akan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Harapan ini diucapkannya selesai pembicaraan dengan perdana menteri Israel, Ehud Olmert hari Senin di Gedung Putih. Olmert mengatakan harapannya tentang yang disebutnya peluncuran perundingan serious antara Israel dan Palestina. Kemudian pada hari sama Presiden Bush menerima presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Presiden Abbas mengatakan kepada wartawan bangsa Palestina mempunyai harapan besar konperensi akan menuju perundingan yang menjurus pada perjanjian damai dengan Israel.

Konperensi hari Selasa merupakan pertama kali dalam lebih dari 10 tahun Israel akan bertemu dengan para wakil lebih 16 negara Arab dan Liga Arab. Arab Saudi dan Syria, yang tidak mengakui hak hidup Israel, telah berjanji akan hadir.

Penasehat keamanan nasional Amerika, Stephen Hadley mengatakan konperensi tidak melibatkan perundingan resmi melainkan membuka peluang bagi Israel dan Palestina bergerak menuju tahap perundingan.

XS
SM
MD
LG