Tautan-tautan Akses

AS Sambut Gembira Keputusan Negara-Negara Arab Ikuti Konferensi Tim-Teng


Amerika menyambut gembira keputusan Arab Saudi dan negara-negara Arab lain ikut dalam konperensi tingkat menteri perdamaian Timur Tengah yang disponsor Amerika pekan depan. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Karl Duckworth menyebut keputusan itu sebagai sinyal bahwa negara-negara Arab berpendapat konperensi itu akan serious dan substansial.

Para menteri luar negeri Arab hari Jum’at bertemu di Kairo. Setelah itu menteri luar negeri Arab Saudi Saud al-Faisal mengatakan bukan rahasia bahwa Arab Saudi tadinya bimbang untuk hadir, tetapi konsensus Arab yang dicapai di Kairo membujuk pihaknya untuk ikut.

Israel juga menyambut baik keputusan Arab Saudi ikut konperensi. Kedua negara tidak mempunyai hubungan diplomatik. Jurubicara Israel, Mark Regev mengatakan Israel dan negara-negara Arab harus mengambil langkah-langkah berani supaya konperensi berhasil.

Masih belum jelas apakah Syria akan menghadiri konferensi, meski negara-negara Arab telah mencapai konsensus. Menteri Luar Negeri Syria Walid al-Moallem hari ini mengatakan bahwa Damaskus tidak akan mengirim seorang utusan kecuali jika pertikaian mengenai Dataran Tinggi Golan masuk dalam agenda pembicaraan.

XS
SM
MD
LG