Tautan-tautan Akses

Para Pemilih di Kosovo Berikan Suara dalam Pemilu Lokal


Para pemilih di Kosovo memberikan suara hari Sabtu dalam pemilu lokal, dengan semua partai politik utama di provinsi yang mayoritas berpenduduk etnis Albania menjanjikan kemerdekaan dari Serbia.

Tempat-tempat pemungutan suara diboikot oleh etnis Serbia, yang didesak untuk melakukan hal itu oleh Pemerintah Serbia, yang menentang keras kemerdekaan bagi provinsi itu.

Seorang pemimpin Serbia di Kosovo, Oliver Inanovic mengatakan, desakan demikian dari pemerintah tidak diperlukan karena setiap orang prihatin bahwa ikut dalam pemilu itu dapat merongrong posisi delegasi Serbia dalam perundingan.

Para pejabat mengatakan, hasil pendahuluan diduga baru dapat diketahui sesudah Senin.

Sekitar 1,5 juta pemilih etnis Albania berhak memberikan suara untuk memilih 120 angguta baru parlemen provinsi dan para anggota dewan lokal.

Perdana Menteri Agim Ceku, bekas komandan gerilyawan separatis, meletakkan jabatan sebagai Perdana Menteri Kosovo. Partainya, Liga Demokrasi Kosovo yang berkuasa, bersaing ketat melawan Partai Demokrasi Kosovo yang beroposisi, pimpinan Hashim Thaci, yang juga bekas gerilyawan.

XS
SM
MD
LG