Tautan-tautan Akses

Aksi Mogok Buruh Transportasi Lumpuhkan Aktivitas di Prancis


Para pekerja di Prancis kerepotan mencari cara alternatif berangkat ke tempat kerja, sementara buruh pengangkutan negara itu mogok untuk memprotes rencana Presiden Nicolas Sarkozy mengurangi pensiun. Hanya sebagian kecil bus dan kereta api berjalan hari ini, sehingga orang terpaksa menggunakan mobil pribadi, bersepeda atau jalan kaki.

Para pemimpin Serikat buruh mengatakan, pemogokan akan berlangsung sehari penuh, dan sebagian buruh mungkin terus mogok hingga hari Jumat. Serikat buruh pengangkutan Prancis menentang keras rencana Presiden Sarkozy mengurangi pensiun pegawai tertentu, termasuk pegawai pengangkutan dan yang bekerja di bidang listrik dan gas.

Presiden Sarkozy menyebut sistem yang ada sekarang terlalu mahal dan tidak adil, karena memungkinkan pegawai tertentu pensiun dini dan memperoleh tunjangan yang tidak diterima oleh pegawai swasta.

Sementara secara terpisah, kantor keperesiden Perancis menyatakan Presiden Nicolas Sarkozy dan istrinya, Cecilia, telah bercerai dengan keputusan bersama. Pernyataan istana Elysee hari mengukuhkan perpisahan itu yang sudah banyak dilaporkan halaman muka surat kabar dan majalah Perancis.

Para pengamat mengatakan pasangan itu jarang terlihat bersama-sama sejak Sarkozy menjabat pada bulan Mei. Pada hari Senin, diumumkan Cecilia tidak akan menemani suaminya dalam kunjungan kenegaraan ke Morocco minggu depan.

Pasangan ini menikah pada tahun 1996 dan mempunyai seorang putra berusia 10 tahun dan juga dua anak dewasa dari pernikahan sebelumnya.

XS
SM
MD
LG