Tautan-tautan Akses

Pimpinan Badan Pengawas Nuklir PBB Berada di India


Pimpinan badan pengawas nuklir PBB berada di India hari ini – sementara ketegangan politik di negara itu meningkat karena perjanjian energi nuklirnya yang bersejarah dengan Amerika Serikat.

Mohammed El Baradei, pimpinan Badan Energi Atom Internasional, IAEA, akan berbicara dalam konferensi energi, meninjau sarana penelitian nuklir, dan bertemu dengan para pejabat nuklir India dalam kunjungan yang mulai hari Senin. Kunjungan tersebut dilakukan setelah ketua partai yang berkuasa Partai Kongres, Sonia Gandhi, menyebut penentang perjanjian nuklir itu “musuh kemajuan.”

Partai komunis India menentang perjanjian itu, dengan alasan perjanjian itu akan merongrong kebijakan luar negeri India yang bebas dengan membuat India terlalu dekat dengan Amerika Serikat. Komunis mengancam akan menarik dukungan mereka pada pemerintah kalau India mengizinkan PBB menempatkan sebagian pembangkit nuklir negara itu dibawah pengawasan PBB. Pengunduran partai komunis akan mengakibatkan runtuhnya koalisi yang berkuasa dan pemilu baru.

XS
SM
MD
LG