Tautan-tautan Akses

Bush, Hamid Karzai Lakukan Pertemuan Disela Sidang PBB


Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden George Bush mengakhiri pertemuan mereka di New York. Mereka menyatakan Afghanistan telah mencapai kemajuan.

Meski bentrokan dengan anggota Taliban dan catatan produksi opium Afghanistan dilaporkan meningkat, Bush menyebut kesempatan belajar yang lebih besar bagi kaum perempuan dan berkurangnya angka kematian anak-anak merupakan bukti Afghanistan mencapai kemajuan. Karzai mengatakan Afghanistan kembali mandiri dalam menyediakan kebutuhan pangannya.

Pembicaraan keduanya memusatkan perhatian pada situasi keamanan rawan di Afghanistan dan melonjaknya perdagangan narkoba di sana. Akan tetapi para pemimpin tidak menyebut topik-topik tersebut dalam komentar mereka terhadap wartawan.

Para petani opium Afghanistan mencatatkan rekor penanaman opium, yang menurut PBB menghasilkan lebih dari 90 persen opium di dunia. Menurut para pejabat PBB, hasil penjualan narkoba itu digunakan untuk membiayai pemberontakan Taliban.

Dalam pidatonya di depan Majelis Umum Selasa kemarin, Karzai mengatakan negaranya telah banyak mencapai kemajuan dalam enam tahun terakhir ini, tetapi mengatakan bahwa masih banyak masalah yang harus diselesaikan di negara itu.

Dia mengatakan bahwa sejak dia berbicara di depan Majelis Umum tahun 2002, negaranya yang dulu diobrak-abrik perang telah menjadi negara yang stabil dan demokratis. Tetapi, Karzai mengatakan bahwa Afghanistan masih berjuang tiap hari menghadapi terorisme, termasuk peningkatan baru-baru ini dalam penculikan, pemenggalan kepala, dan pembakaran sekolah dan klinik.

XS
SM
MD
LG