Tautan-tautan Akses

Aktivis Oposisi Pakistan Adakan Rapat Besar di Islamabad


Para aktivis oposisi di Pakistan telah mengadakan rapat besar di luar gedung Mahkamah Agung di Islamabad, untuk memprotes rencana Presiden Pervez Musharraf yang berusaha dipilih kembali, dan juga tetap menjadi panglima militer.

Ratusan pendukung partai keagamaan terbesar di negara itu, Jamaat-e-Islami, dan beberapa partai kecil, meneriakkan slogan anti Musharraf Jumat ini sementara mahkamah mengadakan sidang dengar keterangan mengenai tantangan hukum terhadap keabsahan presiden untuk dipilih kembali.

Mahkamah diduga akan mengeluarkan putusannya awal pekan depan.

Komisi pemilu Pakistan telah mengumumkan bahwa pemilu presiden akan diadakan 6 Oktober.

Jenderal Musharraf menyatakan, kalau dia terpilih lagi, dia akan melepaskan kedudukannya di militer sebelum dia mengambil sumpah jabatan.

Qazi Hussain Ahmed, pemimpin satu dari kelompok politik yang menantang pencalonan Musharrf di mahkamah mengatakan:

Kata Qazi Hussain Ahmad, karena Musharraf telah berkuasa dua masa jabatan presiden, menurut konstitusi, dia tidak boleh menduduki satu masa jabatan lagi. Kalau dia dibolehkan, para anggauta badan legislatif partai oposisi akan mengundurkan diri, dan akan turun ke jalan-jalan guna memprotesnya. ///.


CN-016 BURMA-PROTEST

Para saksi di Birma mengatakan 200 bikhsu Buddha mengadakan protes singkat hari ini di pinggir kota Rangun, dalam demonstrasi hari ke-4 berturut-turut.

Walaupun hujan lebat turun, para bikhsu tersebut berkumpul di pagoda setempat di kota terbesar negara itu.

Para bikhsu itu telah memelopori demonstrasi-demonstrasi yang mulai bulan lalu setelah pemerintah melipat duakan harga bahan bakar minyak, yang mempersulit warga miskin Birma menggunakan angkutan umum.

Pihak berwajib telah menangkap sedikitnya 50 orang aktivis dalam demo tersebut.

Pemerintah mengakui menggunakan gas air mata dan melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan demontransi di Sittwe hari Selasa baru lalu. Pihak berwajib tidak mengambil tindakan dalam pawai hari Rabu.

Bikhsu sangat dihormati di negara penganut Buddha itu dan para bikhsu dianggap berjasa membantu menghimpun dukungan rakyat pada protes tahun 1988 menentang pemerintah. Pasukan keamanan mengakhiri demo tersebut dengan senjata yang mengakibatkan korban jiwa.

Cn-024 afghanistan

Pihak berwenang Afganistan menyatakan, seorang pengebom bunuh-diri telah menyerang konvoi tentara Prancis di Kabul, menewaskan sedikitnya satu tentara dan melukai beberapa warga sipil Afganistan.

Kata polisi, serangan itu terjadi di bagian barat kota itu Jumat pagi ini.

Tentara Prancis ditugaskan di daerah tadi sebagai bagian dari pasukan bantuan keamanan internasional pimpinan NATO di Afganistan.

Militer Amerika mengatakan, pasukan Amerika dan Afganistan menyerang tempat persembunyian pemberontak di provinsi Helmand selatan, menewaskan sekitar 40 pemberontak Taliban. Dikatakannya, sejumlah besar senjata dan amunisi disita dalam operasi itu.

Juga di Helmand, para pejabat Afganistan mengatakan, sedikitnya 6 warga sipil tewas dalam serangan udara NATO di daerah Girishk, di dekatnya, Rabu baru lalu.

NATO mengakui ada beberapa warga sipil yang menjadi korban. Dikatakannya, pasukan darat pimpinan Inggris minta bantuan dukungan satuan udara sesudah mereka diserang Taliban.///.


Cn-029 nokor – nuclear

Cina menyatakan akan menjadi tuan rumah pembicaraan 6 pihak mengenai program nuklir Korea Utara pekan depan.

Kementerian Luar Negeri Jumat ini mengantakan, pembicaraan itu akan diadakan dari 27 sampai 30 Sept. di Beijing.

Para utusan dari Cina, Korea Utara dan Korea Selatan, Amerika, Rusia dan Jepang akan menghadiri putaran kedua pembicaraan mengenai persetujuan perlucutan senjata nuklir yang dicapai Februari lalu.

Dalam putaran kedua, Korea Utara diminta untuk mengungkapkan semua program nuklirnya dan mematikan fasilitas- fasilitas nuklir yang ada. Sebagai imbalannya, Korea Utara akan menerima konsesi bahan bakar dan politik.

Korea Utara menyelesaikan tahap pertama perundingan Juli lalu dengan menutup fasilitas-fasilitas utama nuklirnya di Yongbyon. ///
Cn-026 iraq

Pasukan Amerika di Irak telah menahan seorang pria yang dicurigai menyelundupkan bom tepi jalan dan teroris asing ke Irak.

Pernyataan militer Amerika menuduh pria itu anggauta pasukan Quds Garda Revolusioner Iran. Menurut pernyataan tadi, dia ditahan Kamis pagi kemarin di kota Sulaimaniya di Irak utara.

Kementerian Luar Negeri Iran menyangkal tuduhan Amerika itu dan mengatakan, pria tadi bagian dari delegsi bisnis dari provinsi Kermanshah, Iran.

Dept. Luar Negeri Amerika mengatakan, pasukan Amerika telah menahan 7 anggauta pasukan Quds Iran yang beroperasi di Irak.

Di Irak selatan, polisi mengatakan, kawanan bersenjata menembak mati pembantu top ulama Shiah yang paling dihormati, Ayatollah Ali al-Sistani. Kata polisi, pembantu itu dan sopirnya sedang melakukan perjalanan di sebelah barat Basra, ketika kawanan bersenjata menyerang kendaraan mereka Kamis malam. Geoff Morrell, dari Pers Pentagon mengatakan, Kamis;

---- ACT / MORRELL –

Peristiwa itu menunjukkan lagi bahwa Iran tidak berperan membantu menstabilkan Irak, dan tetap berpengaruh yang membahayakan.
XS
SM
MD
LG