Tautan-tautan Akses

Hillary Paparkan Rencana Semua Warga AS Miliki Asuransi Kesehatan


Senator Hillary Clinton mengemukakan rencananya untuk membuat semua orang Amerika mempunyai asuransi kesehatan, bagian besar dari program kerjanya apabila dipilih menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Dalam pidato di Iowa, ia mengatakan ia mendukung program berbeaya 110 miliar dolar setahun untuk menolong 47 juta rakyat yang sekarang tidak mempunyai asuransi kesehatan.

Program itu mengharuskan semua orang Amerika mempunyai asuransi kesehatan. Ia berjanji akan membeayai program itu dengan membatalkan sebagian dari keringanan pajak yang diberikan Presiden Bush kepada orang kaya. Clinton seterusnya mengatakan programnya itu tidak serumit program kesehatan yang ia turut bantu ciptakan tahun 1990-an bersama suaminya Presiden Clinton, yang kemudian luas dipandang sebagai kegagalan besar kepresidenannya.

Pengecam rencana Hillary Clinton itu termasuk beberapa kontestan calon presiden dari Partai Republik mengatakan rencana itu terlalu invasif dan akan membatasi pilihan pribadi.

Sementara itu, kontestan calon presiden Amerika dari Partai Republik, Mitt Romney mengatakan, presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad harusnya tidak dibolehkan mengucapkan pidato dalam Sidang Majelis Umum PBB pekan depan. Mantan gubernur negarabagian Massachusetts itu menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon bahwa Ahmadinejad sebaliknya harus dikenakan tuduhan berdasarkan Konvensi Genosida.

Mitt Romney mengatakan, pemerintahan Ahmadinejad secara terbuka telah berbicara tentang melenyapkan Israel dari peta dunia. Konvensi Genosida PBB melarang orang mengucapkan hasutan genosida di depan publik. Selain itu Romney juga menuduh Iran mengobarkan, yang disebutnya, kampanye teror oleh Hezbollah di Timur Tengah dan mencoba mengembangkan senjata nuklir. Iran menandaskan program nuklirnya hanya untuk menghasilkan listerik bukan senjata.

Romney termasuk di antara kontestan kuat dalam persaingan untuk dipilih menjadi calon presiden dari Partai Republik, dan mengambil sikap keras terhadap Iran dalam pernyataan-pernyataan dalam kampanye.

XS
SM
MD
LG