Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil di Aljazair Tewaskan 28 Orang


Pihak berwajib di Aljazair mengatakan, 28 orang tewas dan paling sedikit 20 orang lagi luka-luka hari Sabtu ketika sebuah mobil van yang sarat bahan peledak meledak dekat pangkalan jawatan pengawal pantai di kota pelabuhan Dellys.

Serangan terjadi dua hari sesudah sedikitnya 22 orang tewas dan 100 lebih luka dalam pengeboman bunuh diri di kota Batna, Aljazair timur, tidak lama sebelum kunjungan Presiden Abdellaziz Bouteflika yang sudah direncanakan.

Para saksi mengatakan, pembom itu adalah diantara kerumunan orang yang menunggu untuk melihat presiden. Bouteflika mengutuk mereka yang melakukan serangan tadi sebagai penjahat dan mengatakan, Aljazair bertekad akan mencapai rekonsiliasi nasional.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk keras serangan bom bunuhdiri hari Kamis itu. Dalam pernyataan hari Jumat, Sekretaris Jenderal PBB itu kembali menyerukan agar masyarakat internasional bekerjasama menolak dan memerangi terorisme dalam segala bentuk pengungkapannya.

Radio pemerintah Aljazair memberitakan angka kematian akibat pemboman di kota Batna Aljazair timur itu telah bertambah menjadi 22, dan lebih dari 100 lainnya luka-luka. Cabang al-Qaida Afrika utara meng-klaim bertanggungjawab sebagai pelaku beberapa serangan akhir-akhir ini di Aljazair.

XS
SM
MD
LG