Tautan-tautan Akses

Taliban Bebaskan 12 dari 19 Sandera Korea Selatan di Afghanistan


Kaum militan Taliban di Afganistan telah membebaskan 12 dari 19 warga Korea Selatan yang diculik hampir enam pekan lalu. Taliban membebaskan 10 tawanan perempuan dan dua pria dalam tiga kelompok terpisah hari ini. Semua sandera diserahkan kepada para pejabat Palang Merah Internasional di tiga lokasi terpisah di Afganistan tengah dekat kota Gazni.

Hari Selasa Taliban dan para pejabat Korea Selatan mengumumkan mereka telah mencapai kesepakatan untuk membebaskan para sandera itu. Korea Selatan mengatakan akan menarik 200 anggota pasukan non-tempur dari Afganistan sebelum akhir tahun, dan menghentikan kegiatan penginjilan di negara itu.

Beberapa politisi Afganistan mengecam penyelesaian itu yang menurut mereka akan mendorong penculikan lebih jauh di masa depan. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Tom Casey menyambut baik pembebasan para sandera itu. Dia juga menepiskan anggapan kesepakatan Korea Selatan dan Taliban itu memberi kaum militan tersebut legitimasi politik.

Juru bicara presiden Korea Selatan, Cheon Ho-seon, mengatakan persetujuan itu dicapai setelah Seoul bersedia menarik 200 tentaranya dari Afghanistan sebelum akhir tahun ini dan menghentikan pekabaran Injil di negara itu.

Militan Taliban menculik 23 warga Korea Selatan ketika mereka naik bis ke Afghanistan selatan sebagai bagian dari kelompok bantuan Kristen. Militan Taliban membebaskan dua sandera perempuan sebelumnya bulan ini dan membunuh dua sandera laki-laki bulan lalu.

XS
SM
MD
LG