Tautan-tautan Akses

Pesawat Ulang-Alik Endeavour Mendarat dengan Selamat


Pesawat ulang alik antariksa Endeavour telah mendarat dengan selamat setelah melakukan misi konstruksi selama 13 hari di Stasiun Antariksa Internasional yang diperpendek akibat Badai Dean.

Endeavour mendarat Selasa di Florida dengan sebuah lekuk di perisai penahan panasnya yang diakibatkan oleh sebuah bongkah es atau karet busa yang menghantam sisi bawahnya saat peluncuran 8 Agustus lalu.

Setelah melakukan beberapa pengujian terhadap kerusakan itu, Badan Antariksa Amerika memutuskan para astronaut tidak usah memperbaiki lekuk itu dengan melakukan jalan-jalan diantariksa.

Dalam konperensi pers Selasa, pejabat NASA Michael Griffin mengatakan badan itu tidak meremehkan keberadaan lekuk itu. Pejabat juga mengatakan keping-keping yang membentuk perisai penahan panas itu berfungsi dengan sangat baik selama pesawat memasuki atmosfir bumi, dan pesawat tampaknya berada dalam kondisi yang memuaskan.

Diantara krewnya terdapat guru sekolah Barbara Morgan. Mission Control atau Pengendali Misi menyambut gembira kepulangannya dan mengatakan misi ini memberi arti baru kepada istilah “Higher Education” atau “Pendidikan Tinggi.”

XS
SM
MD
LG