Tautan-tautan Akses

Karzai, Bush Akan Lakukan KTT Dua Hari di Camp David


Presiden Afghanistan Hamid Karzai tiba di peristirahatan presiden di Camp David, diluar Washington DC, guna melakukan KTT 2 hari bersama Presiden George Bush.

Dalam wawancara di televisi CNN sebelum kedatangannya Minggu, Karzai mengatakan ia merencanakan untuk membahas situasi keamanan negaranya yang semakin memburuk saat bertemu dengan Presiden Bush Minggu.

Pemimpin Afghanistan itu mengatakan ia tidak menuduh Iran sebagai penyebab meningkatnya pemboman bunuh diri dan serangan terhadap pasukan koalisi pimpinan Amerika.

Karzai mengatakan dalam wawancara itu, Iran lebih banyak berperan “membantu dan mencarikan penyelesaian” bagi permasalahan yang dihadapi Afghanistan, ketimbang sebagai penghambat.

Pendapatnya ini berlawanan dengan pernyataan Amerika, yang menuduh Iran mendanai teroris dan menyediakan senjata untuk militan di Afghanistan dan Irak.

Karzai mengatakan Afghanistan sedang menyelidiki laporan bahwa Iran mempersenjatai pemberontak tetapi pemerintahan yang dipimpinnya akan terus menjaga hubungan baik dengan Teheran.

XS
SM
MD
LG