Tautan-tautan Akses

Para Anggota Tim Inspektur PBB Berangkat ke Korea Utara


Sebuah team inspektur nuklir PBB berangkat ke Korea Utara untuk memantau penutupan reaktor nuklir utama negara itu. Misi para inspektur itu, yang dimulai hari Ahad, akan merupakan yang pertama kali dalam waktu hampir lima tahun bahwa Korea Utara akan bekerja dengan para pakar dari Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA.

Departemen LN Cina membenarkan hari Kamis bahwa perundingan enam pihak untuk membongkar program nuklir Korea Utara akan dimulai lagi 18 dan 19 Juli di Beijing.

Sementara, Sebuah kapal Korea Selatan sedang menuju Korea Utara membawa bahan bakar sebagai bagian dari perjanjian mengenai penutupan fasilitas nuklir utama Korea Utara.

Kapal itu membongkar sauh dari Ulsan hari ini, membawa enam ribu 200 ton minyak berat. Ini adalah pengiriman pertama dari 50 ribu ton bahan bakar yang dijanjikan Korea Selatan kepada Korea Utara dalam perundingan enam negara bulan Februari. Korea Utara mengisyaratkan, akan mulai menutup fasilitas nuklir Yongbyon begitu pengiriman minyak pertama tiba.

XS
SM
MD
LG