Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Nuklir Korea Utara Akan Dimulai Lagi Pekan Depan


Cina dan Amerika mengatakan ada kemungkinan pembicaraan enam-negara mengenai diakhirinya program senjata nuklir Korea Utara akan dimuali lagi sekitar pekan depan.

Seorang jurubicara kementerian luar negeri memberitahu para wartawan di Bejing hari Selasa bahwa Cina – tuan rumah pembicaraan tersebut, bekerja erat dengan negara-negara lain untuk menetapkan tanggal pembicaraan itu.

Jurubicara Departemen Luar negeri Amerika memberitahu para wartawan Washington memperkirakan pertemuan akan dilangsungkan sekitar tanggal 18 Juli. Jurubicara itu juga mengatakanutusan tertinggi Amerika untuk urusan nuklir Christopher Hill akan berada di Beijing pekan depan.

Februari lalu, Korea Utara berjanji untuk menghentikan program senjata nuklirnya dengan eimbalan konsesi politik dan bantuan bahan bakar. Sekalipun terjadi penundaan lantaran sengketa keuangan, Korea Utara memngulangi janjinya pekan lalu dan mengatakan pihaknya akan menutup fasilitas nuklir itu setelah memperoleh pengiriman pertama bantuan bahan bakar.

Hari Senin, Badan Energi Atom Internasional setuju untuk mengirim tim pakar ke Korea Utara untuk memantau penutupan fasilitas nuklir terbesar di negara itu.

XS
SM
MD
LG