Tautan-tautan Akses

Australia: Perluasan Kekuatan Militer Cina Ancaman Stabilitas di Kawasan


Australia mengatakan perluasa dengan cepat kekuatan militer Cina dapat menjadi ancaman terhadap stabilitas di kawasan itu. Sebuah laporan mengenai keamanan nasional, yang diumumkan hari ini oleh PM Australia John Howard mengatakan “laju dan cakupan” modernisasi militer Cina, dapat menimbulkan kesalah-pahaman dan ketidak-stabilan.

Laporan itu menunjuk pengembangan kemampuan senjata pengganggu seperti senjata anti satelit menimbulkan kekhawatiran. Bulan Januari, Cina melakukan uji-coba misil anti satelit yang tidak diumumkan, yang menimbulkan kecemasan di Amerika mengenai ambisi militer Cina. Cina mengatakan, seperti yang sudah sering dikatakannya, bahwa negara itu melakukan pembangunan damai di kawasan itu.

Secara terpisah, Cina mengaku berjasa dalam mendesak pejabat-pejabat Sudan agar menerima pasukan pemelihara perdamaian pimpinan PBB masuk ke Darfur. Utusan khusus Cina urusan Darfur, Liu Guijin hari ini mengatakan persetujuan Sudah bulan lalu untuk mengizinkan pasukan perdamaian PBB masuk Darfur itu tidak dapat dipisahkan dengan upaya pemerintah Cina mengenai masalah itu.

Bulan lalu, pemerintah Sudan akhirnya menyetujui rencana PBB untuk menempatkan pasukan Uni Afrika dan pasukan PBB di Darfur.

XS
SM
MD
LG