Tautan-tautan Akses

Polisi Inggris Tahan Tersangka ke-8 Terkait Insiden London dan Glasgow


Polisi Inggris telah menahan tersangka ke 8 dalam hubungan dengan sejumlah usaha pemboman dengan mobil di London dan Glasgow.

Sebuah pernyataan polisi Senin mengatakan orang itu ditangkap disebuah lokasi yang tidak diperinci lebih lanjut, dan berada dalam tahanan polisi. Media Inggris memberitakan bahwa tersangka itu ditangkap di luar negeri.

Tindakan polisi dilakukan menyusul dua penangkapan Minggu dekat Glasgow berdasarkan hukum anti-terorisme. Berbagai laporan media mengutip sumber polisi yang mengatakan 2 dari ke 8 orang yang ditahan adalah dokter. Salah satunya, Bilal Abdullah adalah dokter pendidikan Irak, dan berada dalam mobil yang ditubrukkan ke terminal bandara Glasgow Sabtu.

Tersangka lainnya, yang ditahan dijalan raya dekat Liverpool di identifikasi sebagai Mohammed Asha, seorang dokter yang menyelesaikan pendidikan sekolah kedokteran di Jordania.

Jumat dua bom mobil yang belum sempat meledak ditemukan di daerah hiburan di pusat kota London. Pejabat menemukan tabung gas, bensin dan paku-paku didalam kendaraan itu.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Jacqui Smith mengatakan polisi telah menggerebek 19 tempat diseluruh negeri, tetapi tidak memberi perincian mengenai mereka yang ditahan. Smith mengucapkan terima kasih kepada mereka yang terlibat dalam operasi pengamanan ini. Ia menyebut serangan ini sebagai tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai warga negara yang mematuhi hukum dan mengatakan masyarakat jangan terintimidasi oleh terorisme.

XS
SM
MD
LG