Tautan-tautan Akses

Inggris Bela Keputusan Beri Gelar Ksatria Kepada Salman Rushdie


Pemerintah Inggris membela keputusannya untuk memberikan gelar ksatria kepada pengarang Salman Rushdie, pengarang buku ‘Ayat-Ayat Setan’ yang dianggap kontroversial itu.

Kata Menteri Luar Negeri Inggris Margaret Beckett hari Rabu, gelar itu diberikan kepada Rushdie untuk menghormati karirnya sebagai pengarang. Pemberian gelar ksatria itu telah mengakibatkan dutabesar Inggris di Pakistan dan Iran dipanggil oleh pemerintah setempat.

Sementara itu, aksi protes terus berlangsung di Pakistan. Kira-kira 200 orang aktivis perempuan dari aliansi partai-partai islam berdemonstrasi dimuka gedung parlemen di Islamabad. Kata mereka, pemberian gelar satria itu menghina orang islam.

Kelompok Taliban di Afghanistan juga menyebut pemberian gelar itu penghinaan atas orang Islam. Aksi protes juga meluas ke Kuala lumpur hari Rabu, ketika anggota partai islam yang utama berdemonstrasi di muka kedutaan Inggris.

Salman Rushdie terpaksa bersembunyi pada tahun 1989, setelah pemimpin Iran Ayatollah Khomeini mengeluarkan fatwa supaya Rushdie dibunuh karena menghina agama islam.

XS
SM
MD
LG