Tautan-tautan Akses

Bush Calonkan Robert Zoellick untuk Posisi Presiden Bank Dunia


Presiden Bush telah mencalonkan bekas wakil perdagangan Amerika Robert Zoellick sebagai Presiden bank dunia yang baru menggantikan Paul Wolfowitz. Ini diumumkan hari Rabu oleh Presiden Bush. Katanya, mantan wakil menteri LN Amerika itu punya banyak pengalaman untuk menjalankan tugas-tugas sebagai pemimpin bank dunia.

Paul Wolfowitz akan mengundurkan diri akhir bulan depan karena adanya skandal yang menyangkut kenaikan gaji besar bagi pacarnya, yang juga bekerja pada bank dunia itu. Amerika berharap Zoellick yang berumur 53 tahun itu akan diterima oleh dewan pimpinan bank dunia. Amerika secara tradisional mencalonkan ketua bank dunia, dan Eropa memilih kepala dana moneter internasional (IMF).

Seorang pejabat tinggi pemerintah Amerika mengatakan hari Selasa bahwa ia memperkirakan Zoelick yang berusia 53 tahun itu akan mendapat persetujuan dari Dewan Komisaris Bank Dunia. Zoellick saat ini seorang pimpinan Goldman Sachs, perusahaan efek atau agen obligasi di New York. Ia juga pernah memegang jabatan sebagai duta perdagangan Amerika.

Ketika bekerja di Departemen Luar Negeri, Zoellick menghabiskan banyak waktu dalam usaha mewujutkan perdamaian di daerah Darfur, Sudan. Dalam pembicaraan tahun 2006 dengan wartawan, Zoellick membicarakan kesulitan di Darfur, dengan mengatakan ia berharap kekerasan akan menurun.

XS
SM
MD
LG