Tautan-tautan Akses

Senat AS, Gedung Putih Capai Persetujuan Soal Pembaharuan Imigrasi


Sejumlah anggota senat kunci dari Partai Republik dan Demokrat mengatakan mereka telah mencapai persetujuan dengan Gedung Putih mengenai pembaharuan imigrasi. Anggota-anggota Senat itu mengumumkan persetujuan tersebut dalam sebuah jumpa pers hari ini di Gedung Kongres, bersama-sama dengan Menteri Keamanan Dalam Negri Michael Chertoff dan Mentri Perniagaan Carlos Gutierrez.

Senator Ted Kennedy dari Massachusetts mengatakan bagi jutaan imigran gelap yang sekarang hidup secara sembunyi-sembunyi , UU yang diusulkan ini nantinya mungkin akan memperbolehkan mereka keluar dari persembunyian untuk menghirup sinar matahari Amerika. RUU mengenai masalah ini kemungkinan akan diperdebatkan dalam sidang paripurna Senat pekan depan.

Sementara, secara terpisah anggota-anggota Senat dari partai Demokrat mengusahakan mosi tidak percaya terhadap Jaksa Agung Amerika Alberto Gonzales pekan depan. Dalam jumpa pers di Senat Amerika hari ini, Senator Demokrat Chuck Schumer mengatakan Gonzales telah kehilangan seluruh kredibilitas dan merusak kebebasan Departemen Kehakiman. Anggota top Senat dari partai Republik dalam Komisi Kehakiman Senat, Senator Arlen Specter meramalkan penyelidikan terhadap pemecatan delapan jaksa Amerika akan mengakibatkan pengunduran diri Gonzales.

XS
SM
MD
LG