Tautan-tautan Akses

Jumlah Serangan dan Korban Terorisme di Seluruh Dunia Membubung Tahun Lalu


Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan jumlah serangan teroris dan jumlah korban terorisme di seluruh dunia membubung tahun lalu.

Dalam survey tahunan global yang disiarkan hari Senin, Departemen Luar Negeri Amerika itu mengatakan kira-kira 14 ribu serangan terror terjadi dalam tahun 2006, peningkatan 25 persen atas tahun sebelumnya. Lebih dari 20 ribu orang tewas, peningkatan 40 persen.

Data tersebut, yang dikumpulkan Pusat Kontra-terorisme Nasional, adalah angka warga non tempur yang meninggal.

Para pejabat tinggi departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kira-kira 80 persen dari serangan teroris terjadi di Timur Tengah dan Asia Selatan. Dalam pada itu, mereka menambahkan bahwa jumlah insiden di bagian lain dunia relative tidak berubah. Laporan tadi mengatakan hampir separuh serangan terjadi di Irak. Irak juga adalah tempat jatuhnya dua per tiga dari jumlah korban, yakni 13 ribu korban jiwa.

Laporan tadi menambahkan bahwa para anggota al-Qaida di Afrika Timur – terutama di Somalia – terus merupakan ancaman yang gawat terhadap kepentingan Amerika dan sekutunya di kawasan itu.

Pemerintah Amerika telah menggolongkan Kuba, Iran, Korea Utara, Sudan dan Siria sebagai pemerintah yang mendukung terorisme.

XS
SM
MD
LG