Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil Terhadap Bus di Karbala Tewaskan 40 Orang


Para pejabat Irak mengatakan, serangan bom mobil terhadap sebuah stasion bus di kota suci Shiah, Karbala menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai 50 orang lebih.

Televisi pemerintah menunjukkan para petugas keselamatan yang mengungsikan para korban yang tewas. Serangan itu terjadi sekitar 200 meter dari masjid Imam Hussein, satu dari tempat ibadah paling keramat bagi umat muslim Shiah.

Di tempat lain, polisi mengatakan, ledakan bom mobil di jembatan Jadriyah, di Baghdad selatan, menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 15 lainnya. Serangan itu adalah yang kedua terhadap jembatan utama di Baghdad pekan ini.

Kamis lalu, serangan bom bunuh diri dengan truk meruntuhkan sebuah jembatan di Baghdad utara, menewaskan sedikitnya 8 orang dan menyebabkan beberapa orang tercebur ke sungai Tigris.

Sementara itu, sebuah kelompok terkait al Qaida mengatakan dalam internet bahwa kelompok itu telah menculik 20 tentara dan polisi Irak. Al Qaida di Irak mengatakan, tawanan itu akan dibunuh kalau Pemerintah Irak tidak memenuhi tuntutannya. Diantara tuntutan itu adalah, dibebaskannya semua perempuan Sunni yang berada di penjara Irak.

Dalam berita terpisah, militer Inggris mengatakan, pasukannya menewaskan 8 tersangka pemberontak yang memasang bom di pinggir jalan dekat kota Basra, Jum’at malam.

XS
SM
MD
LG