Tautan-tautan Akses

Pelosi: Syria Bersedia Adakan Perundingan Damai Dengan Israel


Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi yang sedang berkunjung ke Damascus mengatakan, Syria bersedia untuk mengadakan perundingan damai dengan Israel. Kesediaan Syria itu disampaikan oleh Presiden Syria bashar al-Assad kepada Pelosi, yang menyampaikan pesan perdana menteri Israel Ehud Olmert bahwa dia juga siap untuk berunding.

Pejabat Israel menjelaskan hari ini bahwa Israel akan mengadakan perundingan damai itu, kalau syria menghentikan dukungannya pada kelompok-kelompok teroris. Kemarin, Presiden Bush mengecam Pelosi karena berkunjung ke Syria, yang disebutnya sebagai negara pendukung teror karena mengizinkan pejuang asing masuk ke Irak.

Kata Pelosi, penting untuk mengadakan dialog dengan Syria. Ia adalah pejabat Amerika paling tinggi yang berkunjung ke Syria. Sebelumnya, minggu ini sebuah kelompok kecil anggota DPR dari partai republik juga berkunjung ke Damascus untuk bertemu dengan Assad.

Amerika menarik dutabesarnya dari Syria karena Syria dianggap terlibat dalam pembunuhan bekas perdana menteri Libanon rafik hariri. Syria membantah tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG