Tautan-tautan Akses

AS dan Korea Selatan Mencapai Kesepakatan Perdagangan Bebas


Para pejabat Amerika dan Korea Selatan mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan perdagangan bebas setelah berunding hampir 10 bulan. Perjanjian perdagangan itu akan merupakan yang terbesar bagi Amerika Serikat sejak penandatanganan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara tahun 1992. Ini juga akan merupakan perjanjian perdagangan terbesar Korea Selatan sampai saat ini.

Kesepakatan itu memerlukan persetujuan badan legislatif kedua negara. Para juru-runding Amerika dan Korea Selatan mem-finalkan persetujuan itu pagi ini, Senin, hanya beberapa menit sebelum batas waktu bagi Presiden Bush untuk memberitahu Kongres mengenai maksudnya untuk menandatangani perjanjian itu.

Bush mengatakan dalam sepucuk surat yang dirilis hari ini, perjanjian itu akan menciptakan peluang ekspor bagi para petani, manufaktur dan penyedia layanan jasa Amerika, dan akan menciptakan lapangan kerja dengan gaji yang lebih baik di Amerika.

Katanya, perjanjian itu akan membantu konsumen Amerika menghemat uang dan juga akan memperkuat kemitraan Amerika Serikat-Korea Selatan, yang dia sebut kekuatan stabilitas di Asia.

XS
SM
MD
LG