Tautan-tautan Akses

13 Tewas oleh Gempa Kuat dan Tsunami di Kepulauan Solomon


Para pejabat di Kepulauan Solomon mengatakan paling kurang 123orang tewas oleh gempa kuat dan tsunami yang datang menyusul.

Gempa berkekuatan delapan koma nol skala Richter melanda negara Pasifik Selatan itu pada pukul 7:40 pagi waktu setempat. Gempa itu berpusat sekitar 350 kilometer sebelah baratlaut ibukota Kepulauan Solomon, Honiara, pada kedalaman 10 kilometer.

Para saksi mata mengatakan, gelombang setinggi dua sampai lima meter melanda pulau-pulau Gizo dan Choiseul, merusakkan bangunan yang masih bertahan dari gempa tersebut. Charles Stennett dari Radio Solomon mengutarakan Gizo dihantam hebat. Katanya:

"Sementara gelombang lewat, air masuk sejauh 50 hingga 70 meter ke darat dan sebagian besar gedung, terutama kantor-kantor pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta serta pusat pertokoan dan penginapan-penginapan turis dilanda banjir pagi ini."

Menurut sejumlah laporan, banyak desa seluruhnya tersapu oleh gelombang. Para pejabat memperkirakan angka kematian akan bertambah seiring dengan pulihnya komunikasi dengan wilayah-wilayah yang terlanda. Kepala pemerintahan Provinsi Barat negara itu Alex Lokopio mengatakan, sekitar 3 ribu penduduk Gizo telah melarikan diri ke bukit-bukit dan memerlukan bantuan darurat. Gizo merupakan daerah tujuan pariwisata yang populer untuk wisata selam.

XS
SM
MD
LG