Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Serukan Pembebasan Segera 15 Pelaut Inggris Tanpa Syarat


Uni Eropa menyerukan pembebasan segera tanpa syarat 15 pelaut dan anggota marinir Inggris yang ditangkap Iran pekan lalu. Dalam sebuah pernyataan seusai pertemuan di Jerman, menteri-menteri luar negeri Uni Eropa hari ini memperingatkan Iran, Uni Eropa akan mengambil “langkah-langkah yang layak” jika ke 15 pelaut dan marinir Inggris itu tidak dibebaskan.

Para menteri itu mengatakan, semua bukti menunjukkan para petugas Inggris itu berada di perairan Iraq, dan penahanan mereka melanggar hukum internasional. Iran mengatakan para petugas Inggris itu berada di perairan Iran sewaktu mereka diringkus di selat Shatt al-Arab.

Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengecam Iran yang merilis video para tahanan tersebut. Katanya, mempertontonkan dan memanipulasi para tahanan itu hanya akan semakin memuakkan orang pada Iran. Kata Blair, pembebasan mereka dengan selamat merupakan satu-satunya penyelesaian bagi krisis itu.

Sebelumnya hari ini, televisi Iran menyiarkan video yang menunjukkan seorang tahanan pria – Nathan Thomas Summers – meminta maaf karena secara tidak sah memasuki perairan Iran.

XS
SM
MD
LG