Tautan-tautan Akses

AS dan Uni Eropa Tak Akan Berikan Penilaian Awal Tentang Pemerintah Palestina


Amerika dan Uni Eropa mengatakan mereka tidak akan memberikan penilaian dulu mengenai pemerintah persatuan Palestina, yang melibatkan kelompok militan Hamas. Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice mendiskusikan isu ini di Washington bersama pejabat tinggi Uni Eropa Senin.

Rice and pejabat Uni Eropa, Javier Solana, mengatakan mereka akan menilai pemerintah Palestina itu lewat tindakan nyatanya untuk melihat apakah mereka memenuhi tuntutan dunia internasional agar mengecam dan tidak menggunakan kekerasan, serta mengakui Israel. Hamas sejauh ini menolak mematuhi tuntutan itu.

Sebelumnya, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pejabat Amerika akan mengadakan kontak dengan anggota pemerintah Palestina yang non-Hamas atas dasar kasus per kasus.

Sebelumnya hari ini, Norwegia mengakhiri boikot terhadap pemerintah Palestina dan menjadi negara Eropa pertama yang mengambil langkah itu. Deputi Menteri Luar Negeri Norwegia, Raymond Johansen dan Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh bertemu hari ini di Jalur Gaza.

XS
SM
MD
LG