Tautan-tautan Akses

Komisi Penting DPR AS Menyetujui RUU Pendanaan Sebesar 124 Milyar Dolar


Sebuah komisi penting DPR Amerika telah menyetujui RUU pendanaan sebesar 124 milyar dolar yang akan menentukan batas waktu untuk mengakhiri perang Irak.

Komisi Pengadaan DPR hari ini memutuskan dengan perbandingan suara 36 lawan 28 untuk menyerahkan RUU itu ke sidang paripurna DPR. Termasukdalam RUU itu ketentuan yang menyerukan penarikan pasukan Amerika dari Irak selambat-lambatnya bulan September 2008.

Gedung Putih telah mengancam akan memveto tiap langkah yang termasuk penentuan batas waktu untuk menarik pasukan dari Irak.

Hari Rabu, Senat memutuskan untuk memperdebatkan sebuah resolusi yang akan menentukan batas waktu bulan Maret 2008 untuk menarik pasukan Amerika dari Irak. Senat yang dikuasai Partai Demokrat sedang menunggu resolusi tandingan dari anggota Republik John Warner yang ia katakan akan menyerukan batas waktu, tetapi tidak akan memasukkan tanggal tertentu bagi penarikan pasukan.

Anggota-anggota Partai Demokrat terpecah antara golongan liberal yang menuntut batas waktu penarikan pasukan dari Irak, dan anggota yang lebih konservatif yang berpendapat anggota Kongres hendaknya jangan berusaha mengelola jalannya perang.

XS
SM
MD
LG