Tautan-tautan Akses

NY Times: Al Qaida Pulihkan Rantai Komando Jaringan Terorisnya di Pakistan


Harian New York Times melaporkan, pejabat intelijen Amerika meyakini, pemimpin Al Qaida senior yang beroperasi dari Pakistan telah memulihkan kembali rantai komando dari jaringan teroris mereka.

Harian itu mengutip pejabat intelijen dan kontra terorisme Amerika yang tidak di ketahui namanya, mengatakan, ada bukti semakin kuat bahwa Osama bin Laden dan deputi nya, Ayman al-Zawahiri telah membangun operasi mereka di wilayah pegunungan Pakistan, Utara dari Waziristan, dekat perbatasan dengan Afghanistan.

New York Times mengutip analis yang tidak di ketahui namanya yang mengatakan, kelompok militan menerima pengarahan dari komandan mereka dan Zawahiri. Tampaknya bin Laden kurang terlibat secara langsung.

Sejauh ini, penilaian intelejen Amerika menyimpulkan pemimpin senior Al Qaida terpisah dari militan yang aktif, dan hanya menyemangati mereka untuk serangan selanjutnya.

Pejabat Amerika mengatakan pada VOA, Amerika dan pemerintah lain nya sadar dan tahu mengenai kegiatan Al Qaida di wilayah suku sepanjang perbatasan Afghanistan Pakistan, dan ini merupakan keprihatinan tersendiri.

Pejabat itu mengatakan, usaha terus dilakukan untuk menghancurkan jaringan teroris ini dan katanya, Al Qaida tidak punya tempat perlindungan yang aman di Pakistan. Pejabat Pakistan mengatakan, mereka berusaha sebisa nya untuk menguasai kendali di wilayah ini.

XS
SM
MD
LG